KEBAHAGIAAN HIDUP BUKAN SEKEDAR DARI AGAMA

Islam menanamkan hukum balas dendam

Qisas (bahasa arab: قصاص) artinya pembalasan

Didalam Quran tertulis:
[Al Baqarah:178]
“Hai orang-orang yang beriman diwajibkan bagi kamu qishash atas orang-orang yang dibunuh. Orang merdeka dengan orang merdeka, hamba dengan hamba, dan wanita dengan wanita.Barangsiapa mendapat ma’af dari saudaranya, hendaklah yang mema’afkan mengikuti dengan cara yang baik, dan hendaklah (yang diberi ma’af) membayar (diat) kepada yang memberi ma’af dengan cara yang baik.”

[Al Maa-idah:45]
“Dan Kami tetapkan atas mereka di dalamnya (Taurat) bahwa jiwa dibalas dengan jiwa, mata dengan mata, hidung dengan hidung, telinga dengan telinga, gigi dengan gigi, dan luka luka pun ada Qisasnya. Barangsiapa yang melepaskan hak Qisas, maka melepaskan hak itu jadi penebus dosa baginya. Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka adalah orang-orang yang zalim.”

Islam merupakan agama yang menanamkan hukum balas dendam, jiwa dengan jiwa, mata dengan mata, telinga dengan telinga, gigi dengan gigi. Islam menerapkan standar ganda, saling memaafkan itu baik tapi balas dendam itu penting dan wajib.

Apakah pembalasan merupakan wujud keadilan?
Ataukah Islam merupakan agama pengajaran balas dendam?
Mari kita renungkan dan kita lihat disekeliling kita?
Salah satu contoh: Islam Suni dan Islam Syiah tidak pernah bisa berdamai sampai saat ini. Dan masih banyak lagi dendam kesumat yang tidak bisa didamaikan akibat hukum Qisas ini.

Single Post Navigation

3 thoughts on “Islam menanamkan hukum balas dendam

  1. Untuk mencari kebenaran akan Tuhan, saya kira manusia yang haus akan kebenaran tidak semestinya harus merasakan liang lahat spt yg anda sarankan. Kebenaran dari Tuhan itu mutlak, dan buah dari ajaran Nya semestinya menghasilkan buah yang baik. Kita lihat sekeliling kita, banyak muslim yang sangat gemar melakukan kekerasan. ketika umat muslim akan melakukan ibadah puasa, kalo kita perhatikan berita di TV umat muslim pasti akan melakukan penutupan warung-warung makan, tempat hiburan dll dengan cara paksa, dengan 1 alasan utk menghormati orang yg berpuasa. Dan juga umat muslim paling suka melakukan penutupan rumah ibadah seperti contoh gereja philadelfia yg secara paksa ditutup oleh umat muslim dengan alasan tidak ada izin dan juga perusakan atau pembakaran rumah ibadah yang dilakukan umat muslim dan masih banyak yg lainya kekerasan yang dilakukan umat muslim buah dari ajaran Islam.

  2. saya tidak tahu agama yang anda anut, tapi dari apa yang anda paparkan mengenai pemahaman anda terhadap islam itu masih dangkal, hampir setara dengan orang islam yang belum paham terhadap islam sama sekali (sama dengan orang islam yang gemar melakukan kekerasan), bedanya mereka melakukan secara fisik dan anda melalui media ini.
    Mengenai perpecahan pemahaman yang ada dalam islam, sebaiknya anda mengkajinya lebih dalam. Perpecahan juga banyak terjadi terhadap agama lainnya didunia ini, dan masing2 punya dalil2 masing.

    saya kira anda seorang intelektual muda yang baik, jadi saya sarankan untuk lebih bijak dalam memaparkan permasalahan dengan mengambil lebih banyak referensi yang berimbang, jangan menjadi tidak adil karena dipengaruhi oleh nafsu/hasrat pribadi.

    Jika anda seorang yang memiliki agama, coba berdoa pada Tuhan anda yang anda anut, agar anda diberi kemudahan dalam mengambil dan menyimpulkan satu perkara permasalahan secara benar dan adil.

    karena dari agama islam yang saya pelajari jauh dari terjemahan yang anda terjemahkan dalam tulisan anda ini.

    Islam hadir dengan diutusnya seorang Muhammad, selain untuk memperbaiki akhlak/prilaku juga membawa syari,ah/syari’at (Hukum), dimana hukum harus berdasarkan keadilan, jika anda hanya melihat dari sisi keadilan pelaku kajahatan berarti anda tidak adil….., lalu bagaimana pandangan keadilan dari sisi orang yang dikenai tindakan kejahatan????….

    Nah syari’at Islam hadir agar orang tidak melakukan tindak kejahatan, hukuman yang ada adalah sebagai pelajaran EFEK JERA, agar tidak ada lagi yang melakukan tindakan yang bertentangan dengan hukum, apakah hukum Tuhan semua agama, ataupun hukum manusia.

    Masih banyak hal yang saya kira anda masih belum paham terhadap banyak ajaran agama terutama Islam.

    Saran saya: Coba anda tambah referensi, dengan niat bukan untuk keinginan pribadi semata, tapi niat ingin mendapatkan kebenaran yang diberkati oleh Tuhan.

    Semoga anda diberkati dalam Iman dan Taqwa.

  3. itu namanya mutasyabihat… kamu ga bisa mengartikanya seperti itu… maksudnya adalah ketika seseorang berbuat keburukan, maka keburukan lah yg kelak ia akan dapatkan… bila ia melakukan kebaikan maka kebaikan pula yang akan ia dapatkan. jangan menelan kalimat itu bulat2. ada dua jenis kalimat di dalam Quran, mukhamat yg artinya mudah dipahami dan mutasyabihat atau yg sulit dipahami dan bisa jadi hanya Allah yg tahu… semoga bermanfaat kawan. Islam itu lembut, indah, dan cinta damai.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: