KEBAHAGIAAN HIDUP BUKAN SEKEDAR DARI AGAMA

Mesjid atau Gereja?

Tau kah anda bahwa bentuk mesjid meniru bentuk gereja zaman  BIZANTIN?

Arsitektur secara keseluruhan bukan prestasi artistik Turki. Dimulai dengan imitasi gedung2 Bizantin, pada abad 18 orang Turki memulai mengcopy gaya2 Barat. Memang ada pavilyun megah dengan dekorasi ubin Iznik tiles, tetapi itu cuma dekorasi dan tidak ada hubungannya dengan struktur. Jadi sungguh lega menemukan tokoh artisektur yang satu ini.

Sinan, tanpa ragu2 adalah salah seorang arsitek Turki yg paling termasyur Tetapi ternyata dia bukan orang Turki ! Ia lahir tahun 1490, putera seorang Kristen, pemasung batu Anatolia , dan sejak kecil sudah didaftarkan sebagai Janizari, pasukan Ottoman yg terdiri dari para anak2 Kristen yg ditangkap, dijadikan budak & dimasukkan ke Islam secara paksa. Kebanyakan anggota Janizari berpendidikan tinggi dan meneruskan karir tinggi, dan si Sinan sendiri ebrgabung dengan para Engineers, dimana ia menunjukkan bakatnya — ia begitu hebat sampai pada tahun 1520an, ia diberikan pekerjaan pertamanya sebagai arsitek.

Arsitektur Turki pada saat ini bukan sesuatu yg perlu dibanggakan. Turki, sebuah bangsa nomad, sampai pada permulaan abad 16 hanya bergantung pada kepandaian orang2 yg mereka jajah: arsitek2 pertama yg bekerja di Konstantinopel. ibukota yg dijajah dan kemudian dinamakan Istanbul, adalah orang YUNANI.

Bekas katedral megah Bizantin, Hagia Sophia, juga dijadikan model. Alhasil, semua mesjid2 pada saat itu, misalnya mesjid Beyazit, hanya nampak sebagai imitasi amatiran dari gereja besar kaisar Justinian tersebut.

Bentuk kubah, pilar dan arsitektur Bizantin:

byzantine-architecture.html

Early Russo Byzantine-Ecclesiastical Architecture: Catedral of Saint Sophia Kiev Ukraine

Cyprus, potamitissa, Byzantine church

photos.htm

Gereja katolik di Vatikan

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: