KEBAHAGIAAN HIDUP BUKAN SEKEDAR DARI AGAMA

Muslim Menanyakan Jenis Kelamin Allah SWT dan Ustad Menjawab


Pertanyaan:
Maaf ustadz, saya sedikit tahu tata bahasa Arab. Kalau saya perhatikan dalam Al-Qur’an setiap menyebutkan asma dan sifat Allah selalu menggunakan dlomir mudzakkar “huwa” (kata ganti laki-laki) seperti dlomir ‘huwa’ dalam surat al-Ikhlas (qul huwa Allahu ahad), yang menjadi pemikiran saya kalau begitu berarti Allah itu berjenis kelamin laki-laki. Mohon penjelasannya ustadadz atas kebingungan saya ini. Atas jawabannya saya haturkan terima kasih.

M Rusydi
Siswa LPBA Surabaya

Dan Ustad menjawab

Jawaban:
Akhi Muhammad Rusydi yang saya cintai, Allah itu Dzat Yang Maha Agung Maha Mulia yang wajib disembah oleh hambanya dan tidak sama dengan makhluk ciptaanya, “ Tidak ada sesuatu yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (Q.S. al-Syuura : 11)
Allah SWT tidak seperti manusia dan Allah tidak berjenis kelamin laki atau perempuan. Kalau Allah sama dengan ciptaanya berarti Allah itu hadits (baru) kalau Allah itu baru berarti akan bisa berakhir dan binasa, padahal Allah itu wujud (ada), qidam (tanpa awal) baqo’ (kekal tanpa akhir) mukholafatullilhawaditsi (berbeda dengan yang baru) dan seterusnya sesua sifat yang wajib kepada Allah SWT.
Akhi Muhammad Rusydi, adapun di Al-Qur’an di antaranya dalam surat al-Ikhlas (qul “huwa” Allahu ahad) dan setiap menyebut asma ‘Allah’ menggunakan dlomir mudzakkar ( kata ganti laki-laki) itu karena lafadz ‘Allah’ itu menurut tata bahsa arab termasuk lafadz mudzakkar.
Andaikan lafdzul Jalalah itu menggunakan kalimat ‘ilahatun’ niscaya memakai kata ganti mu’annats (perempuan), karena lafadz ‘ilahatun’ itu termasuk jenis lafadz mu’annats. Jadi dlomir huwa dalam Al-Qur’an itu kembali kepada lafadz yang agung Allah sebagai kalimat yang tertulis dalam bahsa arab, dan bukan kepada dzat Allah sebagi Tuhan yang wajib disembah. Wallahu a’alam bisshowab.

http://www.harianbangsa.com

Ustad diatas menjawab alakadarnya (bingung) dikarenakan tidak ada kejelasan di Al Quran tentang jenis kelamin Allah SWT. Dan Al Quran juga hanya menjelaskan bahwa Allah SWT berbentuk Dzat. Namun, Dzat apakah itu masih dipertanyakan.

Jika kita melihat dari versi Alkitab mungkin bisa menjadi patokan untuk berpikir secara logika.

Kej 1:26

Berfirmanlah Allah:  “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan dilaut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”

Jadi apakah salah jika untuk kata ganti Tuhan menggunakan kata ganti laki-laki jika bertolok ukur dari Alkitab? Ataukah Quran hanya sekedar mencontek Alkitab? Wallahu a’alam bisshowab

ADAKAH MUSLIM YANG BISA MENJELASKAN JENIS KELAMIN ALLAH SWT?

Note: Manusia pertama yang Tuhan ciptakan menurut Alkitab adalah Adam. Dan Tuhan menciptakan adam secitra atau segambar dengan Tuhan.

Single Post Navigation

6 thoughts on “Muslim Menanyakan Jenis Kelamin Allah SWT dan Ustad Menjawab

  1. isniade on said:

    Semoga Tuhan membenarkan apa yang salah… aamiin

  2. “… Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha Mendengar dan Melihat” – (QS. Asy-Syura : 11)

    “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup, yang berdiri sendiri… ” – (QS. Al-Baqarah : 255)

    “Dialah Yang Awal (tidak berpemulaan) dan Yang Akhir (tidak berkesudahan)… ” – (QS. Al-Hadid : 3)

    telah dijelaskan diatas…

    kesimpulan logikaku… :

    “Jika Tuhan berjenis kelamin (serupa_yang disebutkan kitabmu,) maka dia juga mempunyai nafsu, yang berarti mempunyai anak…., bukankah Tuhan itu (ADA dan tak ada yang serupa dengan dia) Satu”

    dan tentang mencontek…..

    “banyak yang harus dijelaskan, semoga kau tak malasz membaca…(tetapi aku malas menulis…)banyak artikel di Internet kok…..”

  3. apakah jenis kelamin itu ditentukan dari bentuk alat kelamin? jika Tuhan menjadikan manusia menurut gambar dan rupa-Nya maka gambar rupa Tuhan berarti sama persis dengan manusia, termasuk mempunyai alat kelamin? mohon penjelasannya dari alkitab.

  4. “ADAKAH MUSLIM YANG BISA MENJELASKAN JENIS KELAMIN ALLAH SWT?”

    ADA.

  5. Nandar Si Pelaut on said:

    tidak ada.. karena allah itu maha misteri sejati namun benar akan adanya..pertanyaan saya untuk anda..menurut anda jalan yang benar itu ada di mana??? jika anda menjawab sesuai dngan yg di yohanes 16:4 .. maka sy akan menjawab lg.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: