KEBAHAGIAAN HIDUP BUKAN SEKEDAR DARI AGAMA

Bentrok Muslim VS Muslim Terjadi Lagi di Indonesia

Bentrok Syiah Sampang Akibat Ketidaktegasan Tokoh dan Polisi


Sejumlah anggota Brimob bersenjata lengkap berjaga di lokasi kerusuhan di Desa Karanggayam, Omben Sampang, Jatim, Minggu (26/8). ANTARA/Saiful Bahri

TEMPO.CO, Surabaya – Direktur Lembaga Bantuah Hukum (LBH) Surabaya, M Faiq Assiddiqi, menyangkan terjadinya bentrok berdarah antara komunitas syiah Sampang dengan warga sekitar yang terjadi Minggu, 26 Agustus 2012.

Menurut Faiq, bentrok bisa dihindari jika tokoh masyarakat di Sampang bisa menjelaskan dan menjernihkan kesalahpahaman di antara masyarakat. “Dengan telah dihukumnya Ustad Tajul Muluk (ketua Syiah Sampang), masalah harusnya sudah klir,” kata Faiq kepada Tempo, Minggu 26 Agustus 2012.

Dalam putusanya, kata Faiq, majelis hakim Pengadilan Negeri Sampang memvonis Tajul telah menghina Al-Quran. Dalam vonis tersebut, aliran Syiah ala Tajul ini juga tidak dinyatakan masuk kategori aliran sesat sehingga dengan dihukumnya Tajul, maka aliran Syiah Sampang seharusnya tetap bisa dijalankan oleh para penganutnya dengan tenang. “Dalam vonis itu terbaca jelas bahwa yang disalahkan adalah Tajul. Aliranya tidak salah,” ujar Faiq.

Pascaputusan pengadilan tesebut para tokoh masyarakat seharusnya mampu menjelaskan dengan gamblang bahwa syiah bukanlah aliran sesat.

Kembali terjadinya kerusuhan berupa penyerangan terhadap penganut syiah juga dinilai Faiq merupakan bagian dari ketidaktegasan polisi dalam mengamankan warganya. “Kalau kerusuhan terus dibiarkan maka akan terus terulang, seolah polisi membenarkan dan membiarkannya,” ucap Faiq.

Dalam kasus syiah Sampang, LBH Surabaya merupakan bagian dari Kelompok Kerja Advokasi Kebebasan Beragam atau Berkeyakinan (AKBB).

FATKHURROHMAN TAUFIQ
Bentrok-Syiah-Sampang-Akibat-Ketidaktegasan-Tokoh-dan-Polisi

Kembali terjadi lagi dalam Islam, muslim vs muslim saling bantai dan saling serang, bunuh membunuh kerap kali menjadi hal yang biasa dan sudah menjadi hal yang tidak mengherankan.
Sampai kapan masalah agama khususnya Islam bisa mententramkan negara kita?
Selagi Islam menjadi dewa dikehidupan masyarakat saya pikir tidak akan pernah bisa damai dalam kehidupan bermasyarakat.
Apakah sudah terwujud Islam itu menjadi agama damai?
Mari kita renungkan sejenak.

Single Post Navigation

One thought on “Bentrok Muslim VS Muslim Terjadi Lagi di Indonesia

  1. Syi’ah bukan muslim, Ulama telah sepakat mereka murtad dan kafir :)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: